Sabtu, 21 Januari 2012

3. Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia




Agar kalian lebih cepat memahami pembagian wilayah waktu, dapat dipelajari melalui peta, atlas, atau globe. Garis yang tampak pada globe adalah garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian). Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi, seolah membelah bumi menjadi belahan bumi bagian utara atau Lintang Utara (LU) dan belahan bumi bagian selatan atau Lintang Selatan (LS).
Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah bumi menjadi belahan barat atau Bujur Barat (BB) dan belahan timur atau garis Bujur Timur (BT). Belahan garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berpusat pada 08 yang melalui Kota Greenwich dekat London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional. Garis bujur yang ada di muka bumi berjumlah 360 buah, terdiri atas 180 buah di sebelah barat belahan bumi dan 180 buah di sebelah timur belahan bumi. Jarak antara garis yang satu dengan yang lainnya adalah 18. Setiap satu derajat memiliki selisih waktu 4 menit. Setiap 158 memiliki selisih waktu 15 x 4 menit = 60 menit atau 1 jam. Jadi, permukaan bumi dibagi 24 daerah waktu (360 : 15). Tiap-tiap daerah waktu selisihnya 1 jam.
Jika berdasarkan pada ketentuan umum, pembagian wilyah waktu di dunia adalah 18 selisih 4 menit. Jadi, wilayah Indonesia yang terletak pada garis bujur 958 BT – 1418 BT mempunyai panjang busur 468 sama dengan 46 x 4 menit = 184 menit atau 3 jam 4 menit dibulatkan 3 jam. Dengan demikian jelaslah bahwa negara kita terbagi atas 3 wilayah pembagian waktu.
a. Waktu Indonesia Barat (WIB)
Wilayah waktu ini terletak pada 1058 BT. Selisih waktu 7 jam lebih awal daripada waktu Greenwich (GMT). Wilayah meliputi seluruh Provinsi Sumatra, seluruh Provinsi Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Madura, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
b. Waktu Indonesia Tengah (WITA)
Wilayah waktu ini terletak pada 1208 BT. Selisih waktu 8 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT). Wilayahnya meliputi seluruh Provinsi Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, dan NTT.
c. Waktu Indonesia Timur (WIT)
Wilayah waktu ini terletak pada 1358 BT. Selisih waktu 9 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT). Wilayahnya meliputi Maluku dan Papua serta pulau-pulau kecil disekitarnya. Perhitungan waktu menurut standar internasional yang berlaku adalah GMT (Greenwich Meridian Times) yang berada pada garis bujur 08. Oleh karena itu, wilayah Indonesia yang terletak di sebelah timur Greenwich, waktunya lebih cepat daripada GMT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar